Visi & Misi

A. VISI
“Mewujudkan peserta didik yang Prestatif dalam belajar, Agamis dalam sikap, dan Inovatif dalam berkarya.” yang diusung SMPN 2 Maleber mencerminkan komitmen kuat sekolah dalam membentuk peserta didik yang berkembang secara utuh tidak hanya unggul dalam capaian akademik, tetapi juga memiliki karakter yang berakhlak mulia, berdaya cipta, dan tangguh menghadapi tantangan zaman.
- Prestatif
Bermakna bahwa sekolah bertekad menumbuhkan budaya berprestasi dalam berbagai bidang: akademik, seni, olahraga, maupun keterampilan hidup. Prestasi tidak hanya dimaknai sebagai hasil akhir, tetapi juga sebagai proses pengembangan potensi diri, disiplin, kerja keras, serta semangat pantang menyerah. - Agamis
Menggambarkan upaya sekolah dalam menanamkan nilai-nilai keimanan dan ketakwaan sebagai landasan moral dan spiritual. Nilai-nilai religius diwujudkan melalui pembiasaan sikap santun, jujur, peduli, dan bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, peserta didik tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga berkarakter dan berakhlak mulia. - Inovatif
Menunjukkan keberanian sekolah dalam menghadirkan pembelajaran yang kreatif, adaptif, dan relevan dengan kebutuhan zaman. Inovasi dihadirkan dalam bentuk metode pembelajaran kontekstual, pemanfaatan teknologi, dan penciptaan lingkungan belajar yang mendorong kolaborasi serta kemandirian siswa.
Visi ini sejalan dengan prinsip pembelajaran mendalam (deep learning) yang menekankan pada:
- Mindful Learning → membangkitkan kesadaran diri siswa dalam belajar, sehingga setiap proses pembelajaran dilakukan dengan penuh perhatian, refleksi, dan tanggung jawab.
- Meaningful Learning → setiap pengalaman belajar dirancang agar bermakna, relevan dengan kehidupan nyata, serta mampu menumbuhkan keterampilan berpikir kritis, kreatif, dan pemecahan masalah.
- Joyful Learning → menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, kolaboratif, dan humanis, sehingga siswa termotivasi untuk terus belajar dengan gembira dan tanpa tekanan.
Dengan demikian, visi “Prestatif, Agamis, dan Inovatif” bukan sekadar semboyan, melainkan arah yang memandu seluruh kebijakan, program, dan budaya sekolah. Seluruh aktivitas pembelajaran—baik di dalam kelas, kegiatan ekstrakurikuler, maupun interaksi sosial sehari-hari—dirancang agar dapat menggugah kesadaran diri, memberi makna mendalam, sekaligus menumbuhkan kebahagiaan dalam belajar.
Visi ini diharapkan akan melahirkan generasi yang unggul dalam prestasi, kokoh dalam iman dan akhlak, serta kreatif-inovatif dalam menghadapi tantangan global, sehingga mampu menjadi pribadi yang bermanfaat bagi masyarakat, bangsa, dan agama.
B. MISI
Untuk mewujudkan visi tersebut, SMPN 2 Maleber menetapkan misi sebagai berikut:
- Mengembangkan budaya berprestasi melalui pembelajaran yang menumbuhkan potensi akademik, seni, olahraga, dan keterampilan hidup dengan semangat disiplin, kerja keras, dan pantang menyerah.
- Menanamkan nilai-nilai religius dan akhlak mulia sebagai landasan moral dan spiritual peserta didik melalui pembiasaan sikap santun, jujur, peduli, dan bertanggung jawab.
- Mewujudkan pembelajaran inovatif dengan memanfaatkan teknologi, metode kontekstual, dan pendekatan kolaboratif agar peserta didik siap menghadapi tantangan global.
- Menciptakan lingkungan belajar yang mindful, meaningful, dan joyful sehingga setiap proses pembelajaran memberi pengalaman mendalam dan menyenangkan bagi siswa.
- Menjalin kolaborasi dengan orang tua, masyarakat, dan mitra eksternal* untuk mendukung tercapainya peserta didik yang prestatif, agamis, dan inovatif.
C. TUJUAN SATUAN PENDIDIKAN
Tujuan pendidikan yang hendak dicapai oleh SMPN 2 Maleber Tahun Pelajaran 2025/2026 adalah:
- Menghasilkan lulusan yang berkarakter kuat, yaitu Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, Berkebinekaan global, Bernalar kritis, Kreatif, Gotong royong, Mandiri, Cinta tanah air dan nasionalisme, Berorientasi masa depan (berdaya saing global)
- Meningkatkan prestasi peserta didik di bidang akademik, seni, olahraga, dan keterampilan hidup, dengan menanamkan semangat disiplin, kerja keras, sportivitas, dan pantang menyerah sebagai budaya sekolah.
- Menanamkan nilai religius dan moralitas luhur melalui pembiasaan sikap santun, jujur, peduli, bertanggung jawab, serta pelaksanaan kegiatan keagamaan yang konsisten dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.
- Mengembangkan kemampuan berpikir kritis, reflektif, dan kontekstual dalam memecahkan masalah kehidupan nyata, sehingga peserta didik memiliki daya saing dan kesiapan menghadapi perubahan global.
- Membiasakan peserta didik menerapkan 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat (KAIH), sebagai bentuk pembinaan pola hidup sehat, disiplin, tangguh, dan berintegritas dalam kehidupan sehari-hari.
- Mewujudkan proses pembelajaran yang inspiratif, bermakna, dan menyenangkan (mindful, meaningful, joyful learning), yang mampu menggugah kesadaran diri, meningkatkan motivasi, serta menumbuhkan kecintaan belajar sepanjang hayat.
- Menumbuhkan kesadaran tanggung jawab pribadi dan sosial peserta didik, sehingga mampu menjadi agen perubahan positif di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat.
- Menghadirkan pembelajaran inovatif yang memanfaatkan teknologi, metode kontekstual, dan pendekatan kolaboratif, agar peserta didik adaptif dan siap menghadapi tantangan era digital.
- Menciptakan ekosistem sekolah yang kolaboratif, partisipatif, dan adaptif, dengan melibatkan orang tua, masyarakat, serta mitra eksternal, sehingga pelaksanaan Kurikulum Merdeka dapat berjalan optimal.
- Membangun budaya sekolah yang inklusif dan berorientasi pada pengembangan potensi diri setiap peserta didik, sehingga tercapai keseimbangan antara kecerdasan intelektual, spiritual, emosional, dan keterampilan sosial.